Jumat, 12 Agustus 2016

Daftar ISP di Indonesia

Penyelenggara jasa Internet (PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftarannama domain, dan hosting
sumber:Wikipedia
Berikut adalah beberapa daftar ISP terpercaya yang ada di Indonesia.

Biznet: Biznet Link
Ini sebenarnya adalah nama lama, tapi tampaknya mulai mengincar pelanggan rumahan setelah sebelumnya fokus di korporat. Karena itu dulu belum terjangkau. Nama produknya dulu Max3 dan sekarang menjadi Biznet Home. Tarifnya sendiri cukup kompetitif, bahkan bersaing dengan MyRepublic.

First Media: First Media Link
Dengan produknya FASTNet ini adalah salah satu pelopor internet cepat di Indonesia. Secara harga sendiri sebenarnya lebih mendekati IndiHome, atau mungkin di kota saya saja seperti itu. Oh ya, anda cukup menyewa modem dengan DOCSIS 2.0, kalau yang 3.0 selain lebih mahal juga fitur pengelolaan bandwidth yang lebih besar belum tentu anda perlukan kalau anda cuma langganan dibawah 20Mbps.



MNC Play Media: MNC Play Media Link
Salah satu nama baru dan dari namanya jelas membawa bendera MNC Group. Sebelumnya hanya ada TV Kabel dan mulai masuk ke penyelenggara jasa internet. Secara biaya masih sangat bersaing dibanding kompetitornya.

MyRepublic: MyRepublic Link
Dulu namanya Cepat.net, kemudian Innovate dan akhirnya menjadi MyRepublic. Yang ini begitu hadir di Indonesia langsung menggebrak dengan harga murahnya. Oleh teman saya digelari si penghancur pasar. Dimana ISP lain menawarkan 10 Mbps seharga 300ribuan yang ini dapatnya 100 Mbps. Haha.  Tapi agak kurang di customer servicenya.



Telkom: Indihome Link
Yang menguasai pasaran telekomunikasi dan internet di Indonesia, dulu diawali Speedy yang memanfaatkan jaringan ADSL sekarang menjadi IndiHome yang beralih ke FiberHome. Setidaknya di situs resminya tarif baru muncul setelah registrasi, jadi tidak ditampilkan pada halaman utamanya. Mungkin per regional memiliki perbedaan harga, dan aslinya merupakan yang termahal di kota saya.

Kalau membandingkan tarif normal beberapa ISP diatas dan jika bisa hanya ada internetnya saya menyimpulkan: MyRepublic/Biznet Home > MNC Play Media > First Media > Telkom. Kiri adalah yang termurah. Ini juga belum memperhitungkan biaya instalasi dan mungkin tambahan – tambahan lain, cuma murni biaya langganan paket internet (tv kabel opsional) per bulan. Dua ISP yang saya sudah pernah coba adalah First Media dan MyRepublic, Menurut saya First Media bagusnya lebih ke paket tv kabel dibanding dengan internetnya, sedangkan MyRepublic lebih mengedepankan Internet dibanding layanan tv kabel.

Label:

1 Komentar:

Pada 12 Desember 2019 pukul 11.42 , Blogger Aaron Wijaya mengatakan...

pasang wifi yuk

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda